Kanker Darah ( LEUKEMIA)

Apa itu Leukemia/Kanker Darah ?

Leukemia (kanker darah) adalah keganasan yang terjadi pada sel-sel darah. Istilah leukemia mencakup keganasan yang terjadi pada sel-sel darah putih, sel-sel darah merah (erythroleukemia) ataupun pada elemen lainnya pada darah ataupun sum-sum tulang belakang.

Keganasan dimulai ketika terjadi pertumbuhan sel darah (putih) secara abnormal (sel blast atau sel muda) dimana pada waktunya, mereka mungkin mendesak sel-sel darah putih, sel-sel darah merah, dan platelet-platelet yang normal. Ini membuat darah berat untuk melakukan pekerjaannya.

Untuk memahami leukemia, kita perlu memahami bagaimana proses terbentuknya sel-sel darah yang normal.

Sel Darah Normal

Kebanyakan sel-sel darah berkembang dari sel-sel di sumsum tulang yang disebut sel-sel induk.

Sel induk dewasa menjadi berbagai jenis sel darah. Masing-masing sel darah memiliki pekerjaan khusus:

* Sel darah putih (leukosit): berfungsi melawan infeksi. Ada beberapa jenis sel darah putih
* Sel darah merah: berfungsi membawa oksigen ke jaringan seluruh tubuh.
* Trombosit (Platelet): berfungsi untuk pembekukan darah

Sel darah putih, sel darah merah, dan platelet yang dibuat dari sel-sel batang yang dibutuhkan tubuh mereka. Ketika sel-sel darah menjadi tua/rusak, mereka mati, dan digantikan sel-sel baru.

Gambar di bawah ini menunjukkan bagaimana sel punca bisa tumbuh menjadi berbagai jenis sel darah putih. Pertama, sel induk matang menjadi baik sel batang myeloid atau sel induk limfoid:

Sebuah sel induk myeloid matang menjadi ledakan myeloid. Ledakan itu dapat membentuk sel darah merah, trombosit, atau salah satu dari beberapa jenis sel darah putih.

* Sebuah sel induk limfoid matang menjadi ledakan limfoid. Ledakan itu dapat membentuk satu dari beberapa jenis sel darah putih, seperti sel B atau sel T.
* Sel darah putih yang terbentuk dari ledakan myeloid berbeda dari sel darah putih yang terbentuk dari ledakan limfoid.

Sebagian besar sel darah matang di sumsum tulang dan kemudian pindah ke pembuluh darah. Darah yang mengalir melalui pembuluh darah dan jantung disebut darah perifer.


Sel Leukemia

Pada orang dengan leukemia, sumsum tulang membuat sel darah putih abnormal. Tidak seperti sel darah normal, sel-sel leukemia tidak mati ketika mereka seharusnya. Mereka mungkin menjejali sel darah putih, sel darah merah, dan trombosit normal. Hal ini membuat sulit bagi sel-sel darah normal untuk melakukan pekerjaan mereka.


Jenis Jenis Leukemia/Kanker Darah

Leukemia Akut dan Leukemia Kronis

Secara garis besar leukemia dibagi menjadi dua tipe, yaitu tipe akut dan tipe kronis.

* Leukemia Kronis: Pada awal penyakit, sel-sel leukemia masih bisa melakukan beberapa pekerjaan sel darah putih normal. Pasien mungkin tidak memiliki gejala apapun pada awalnya. Dokter pada umumnya mendeteksi dini leukemia kronis pada pemeriksaan rutin. Perlahan-lahan, leukemia kronis memburuk. Karena jumlah sel-sel leukemia dalam darah meningkat, orang mengalami gejala, seperti pembengkakan kelenjar getah bening atau infeksi. Ketika gejala muncul, biasanya ringan pada awalnya dan memburuk secara bertahap.
* Leukemia Akut: Sel-sel leukemia tidak dapat melakukan pekerjaan sel darah putih normal. Jumlah sel leukemia meningkat pesat. Leukemia akut ditandai dengan suatu perjalanan penyakit yang sangat cepat, mematikan, dan memburuk. Apabila tidak diobati segera, maka penderita dapat meninggal dalam hitungan minggu hingga hari.

Leukemia bisa juga diklasifikasikan berdasarkan jenis sel darah putih yang terkena, yaitu limfosit ataupun myeloid (lihat gambar diatas). Leukemia yang mempengaruhi sel-sel limfoid disebut limfoid, limfositik, atau lymphoblastic leukemia. Leukemia yang mempengaruhi sel-sel myeloid disebut myeloid, myelogenous, atau myeloblastic leukemia.

Berdasarkan identifikasi diatas, setidaknya ada empat jenis leukemia yang umum diketahui, yaitu:

* Chronic lymphocytic leukemia (CLL)
Paling sering terjadi terjadi pada orang tua (berusia 55 tahun keatas). Kadang kadang juga diderita oleh dewasa muda dan hampir tidak pernah pada anak-anak.
* Chronic myeloid leukemia (CML).
Sering terjadi pada orang dewasa, sangat sedikit terjadi pada anak
* Acute lymphocytic leukemia (ALL)
Merupakan tipe leukemia yang paling sering terjadi pada anak-anak Juga ditemui pada orang dewasa, terutama yang berusia 65 tahun atau lebih.
* Acute myeloid leukemia (AML)
Tipe ini lebih sering terjadi pada orang dewasa daripada anak-anak.


Faktor Resiko terkait Leukemia/Kanker Darah

Tidak ada yang mengetahui secara pasti apa penyebab leukemia. Dokter jarang tahu mengapa ada orang yang mendapat leukemia dan yang lain tidak. Namun, penelitian menunjukkan bahwa faktor risiko tertentu meningkatkan kemungkinan seseorang menderita leukemia.

Faktor-faktor resiko ini adalah:

* Radiasi: Orang yang terpapar radiasi sangat tinggi radiasi jauh lebih besar kemungkinannya untuk mendapatkan AML, CML, ataupun ALL.
o Ledakan bom atom: Radiasi tingkat sangat tinggi yang disebabkan oleh ledakan bom atom (seperti yang terjadi di Jepang selama Perang Dunia II), orang, terutama anak-anak yang bertahan hidup dari ledakan bom atom akan meningkat risikonya terkena leukemia.
o Radioterapi: Sumber lain terkena radiasi tingkat tinggi adalah pengobatan kanker dll. Radioterapi dapat meningkatkan risiko leukemia.
o Rontgen diagnostik: X-ray gigi dan X-ray diagnostic lainnya (seperti CT Scan) merupakan paparan radiasi tingkat rendah. Belum diketahui apakah ada keterkaitan pada radiasi tingkat rendah untuk anak-anak atau orang dewasa dengan leukemia.

* Merokok: Merokok dapat meningkatkan risiko terkena AML.

* Benzene: Paparan benzena di tempat kerja dapat menyebabkan AML. Hal ini juga dapat menyebabkan CML ataupun ALL. Benzene digunakan secara luas dalam industri kimia, juga ditemukan dalam asap rokok dan bensin.

* Kemoterapi: Pasien kanker yang mendapatkan kemoterapi kadang-kadang kemudian juga terkena AML ataupun ALL. Misalnya, obat-obatan yang merupakan agen atau inhibitor alkilasi topoisomerase sering dikaitkan dengan resiko kecil berkembangnya leukemia akut.

* Down Sindrom & beberapa penyakit keturunan lainnya: meningkatkan risiko berkembangnya leukemia akut.

* Sindrom myelodysplastic dan kelainan darah tertentu lainnya: Orang dengan kelainan darah tertentu akan meningkatkan risiko terkena AML.

* Virus Human T-cell leukemia tipe I (HTLV-I): Orang dengan infeksi HTLV-I mengalami peningkatan risiko terkena leukemia jenis langka, yang dikenal sebagai T-sel yang merupakan jenis leukemia yang tidak menular.

* Sejarah keluarga leukemia: Ini jarang terjadi. Namun bila ini terjadi, kemungkinan tipenya adalah CLL. Namun, hanya beberapa orang dengan CLL memiliki ayah, ibu, kakak, adik, atau anak yang juga memiliki penyakit ini.


Gejala & Diagnosa Leukemia Leukemia/Kanker Darah

Gejala


Seperti semua sel-sel darah, sel-sel leukemia mengalir ke seluruh tubuh. Gejala leukemia tergantung pada jumlah sel-sel leukemia dan di mana sel-sel ini menumpuk dalam tubuh.

Orang-orang dengan leukemia kronis mungkin tidak memiliki gejala. Orang-orang dengan leukemia akut biasanya pergi ke dokter mereka karena mereka merasa sakit. Jika otak dipengaruhi, mereka mungkin sakit kepala, muntah, kebingungan, kehilangan kontrol otot, atau kejang. Leukemia juga dapat mempengaruhi bagian lain dari tubuh seperti saluran pencernaan, ginjal, paru-paru, jantung, ataupun testis.

Gejala umum dari leukemia kronis atau akut bisa meliputi:

* Pembengkakan kelenjar getah bening (di leher atau ketiak) yang biasanya tidak sakit
* Demam atau berkeringat di malam hari
* Sering infeksi
* Merasa lemah atau lelah
* Pendarahan dan mudah memar (gusi berdarah, bercak keunguan di kulit, atau bintik-bintik merah kecil di bawah kulit)
* Pembengkakan atau rasa tidak nyaman di perut (karena hati/pancreas bengkak)
* Berat badan turun drastic tanpa sebab jelas
* Nyeri pada tulang atau sendi



Jika Anda menemukan gejala-gejala ini, pastikan segera berkonsultasi dengan dokter Anda agar dapat didiagnosa dan diobati sedini mungkin.

Diagnosa

Dokter kadang-kadang menemukan leukemia pada pemeriksaan darah rutin. Jika Anda memiliki gejala-gejala yang mengarah ke leukemia, Dokter Anda akan mencoba untuk mengetahui penyebabnya dan bertanya tentang riwayat kesehatan keluarga Anda.

Anda mungkin menjalani satu atau lebih dari tes berikut:

* Pemeriksaan Fisik: Dokter akan memeriksa pembengkakan kelenjar getah bening, limpa, atau hati.
* Pemeriksaan darah: Laboratorium akan melakukan hitung darah lengkap untuk memeriksa jumlah sel darah putih, sel darah merah, dan platelet. Leukemia menyebabkan jumlah sel darah putih sangat tinggi. Juga seringkali ditemukan rendahnya tingkat trombosit dan hemoglobin dalam sel darah merah.
* Biopsi: Biopsi adalah satu-satunya cara pasti untuk mengetahui apakah sel-sel leukemia ada dalam sumsum tulang Anda. Hal ini memerlukan anestesi lokal untuk membantu mengurangi rasa sakit. Dokter akan mengambil beberapa sumsum tulang dari tulang pinggul atau tulang besar lainnya. Ada dua cara yang umum digunakan:
* Aspirasi sumsum tulang: menggunakan jarum berongga tebal, yang diambil hanya sumsum tulang
* biopsi sumsum tulang: menggunakan jarum berongga sangat tebal untuk mengangkat sepotong kecil tulang dan sumsum tulang.

Pemeriksaan Lainnya

Sitogenetik: Laboratorium akan meneliti kromosom dari sampel sel darah, sumsum tulang, atau kelenjar getah bening. Jika kromosom abnormal ditemukan, tes dapat menunjukkan jenis leukemia yang Anda miliki. Misalnya, orang dengan CML memiliki kromosom abnormal yang disebut kromosom Philadelphia.

Spinal Tap: Dokter Anda dapat mengambil beberapa cairan cerebrospinal (cairan yang mengisi ruang di dalam dan sekitar otak dan sumsum tulang belakang). Dokter menggunakan jarum panjang tipis untuk mengeluarkan cairan dari tulang punggung bagian bawah. Prosedur ini memakan waktu sekitar 30 menit dan dilakukan dengan anestesi lokal. Anda harus berbaring selama beberapa jam setelahnya, agar tidak pusing. Laboratorium akan memeriksa cairan untuk meneliti adanya sel-sel leukemia atau tanda-tanda lain dari masalah.

X-ray Dada: X-ray dapat menunjukkan pembengkakan kelenjar getah bening atau tanda-tanda lain dari penyakit di dalam dada Anda


cancerhelps.com

0 komentar:

Posting Komentar